Rss Feed Facebook Twitter Google Plus

post:


Sabtu, 16 Februari 2013

Tips Menghadapi TPA

 Tips Menghadapi Tes Potensi Akademik



Dari pengalaman mengikuti beberapa tes potensi akademik dan juga membaca beberapa buku tentangnya, berikut ini beberapa tips menghadapi tes TPA.


  • ·         Jangan memaksakan diri untuk mengerjakan semua. Dulu, saya melakukan ini sehingga semakin berkurang waktu saya jadi semakin gugup karena melihat masih banyak soal yang belum saya kerjakan. Kerjakan sebanyak mungkin sesuai kemampuan. Jangan khawatirkan jumlah soalnya, perhatikan waktunya yang terbatas.


  • ·         Dahulukan yang mudah atau yang langsung bisa Anda selesaikan. Jangan berhenti atau mencoba berulang-ulang untuk menyelesaikan satu soal. Kerjakan yang mudah dahulu, jika nanti masih tersisa waktu barulah kembali ke soal-soal yang susah.


  • ·         Banyak berlatih. Ada pepatah yang mengatakan “lancar kaki karena diulang“, kalau ingin mantap menghadapi tes TPA harus banyak latihan. Buku soal-soal TPA sekarang ini dengan mudah bisa ditemui di toko buku.


  • ·         Sering-seringlah baca berita, baik itu koran atau berita online. Jika menemukan kosakata yang asing segera hubungi kamus besar Bahasa Indonesia untuk mendapatkan pertolongan pertama.


  • ·         Ikut kursus dan try out. Nah, ini agar lebih terarah bisa ikut kursus. Sedangkan untuk memberi kesan bagaimana sebenarnya tes TPA itu bisa mengikuti try outnya. Try out ini biasanya diadakan oleh lembaga kursus.


Demikianlah sedikit ulasan tentang tes potensi akademik atau TPA. Jika Anda merasa tulisan ini bermanfaat, jangan lupa dibagi ke teman-teman atau tinggalkan pendapat Anda di bagian komentar. Semoga bermanfaat… :)



Share This :

0 komentar:

 

pengunjung blog

Translate